SMAN 23 Jakarta, Go E-Learning

0
782

Berdasarkan kemajuan dunia IT yang semakin bertambah pesat semenjak hadirnya sebuah teknologi jaringan global yang menghubungkan ratusan bahkan ribuan jaringan local diseluruh dunia yang kemudian lebih dikenal dengan istilah internet. Perkembangan aplikasi teknologi informasi di dunia pendidikan, memacu munculnya kegiatan e-learning.

E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain [Hartley, 2001] . Penerapan e-learning diantaranya untuk pembelajaran online, terutama di perguruan tinggi. Bahkan dalam satu perguruan tinggi, ada beberapa situs e-learning di masing-masing fakultas. Begitu juga dengan instasi sekolah sudah mulai banyak yang menggunakan E-Learning untuk pembelajaran. Apalagi membuat situs pembelajaran online pada masa sekarang ini sangatlah mudah dengan memanfaatkan modul Content Management Service (CMS) yang sangat mudah untuk diinstalasi dan dikelola. Oleh karena itu, SMA Negeri 23 Jakarta akan menerapkan salah satu aplikasi dibidang pendidikan, yaitu aplikasi e-learning.

Aplikasi e-learning yang digunakan oleh SMAN 23 Jakarta adalah Moodle. Moodle adalah paket software yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan website. Moodle pertama kali dikembangkan oleh Martin Dogiamas yang mempertahankan moodle sebagai paket software e-learning yang free (gratis) dan open source (terbuka source programnya). Istilah moodle singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Enviroment yang berarti tempat belajar dinamis dengan menggunakan model berorientasi objek atau merupakan paket lingkungan pendidikan berbasis web yang dinamis dan dikembangkan dengan konsep berorientasi objek.

Pembuatan Soal E-Learning

Pembelajaran E-Learning dengan berbasis moodle ini tidak hanya berguna untuk siswa, tetapi juga untuk guru. Dengan e-learning, metode pengajaran dan pembelajaran sekolah memanfaatkan teknologi melalui media elektronik seperti komputer, laptop, netbook, atau smartphone dengan jaringan internet atau lainnya. Hal ini melibatkan peran guru dan siswa, bahkan juga para orangtua siswa untuk aktif.

Placement Test Kelas XII dengan Moodle
Placement Test PM Kelas XII

Dengan menerapkan aplikasi e-learning ini, diharapkan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran, dan menarik siswa untuk menggunakan aplikasi e-learning ini sebagai sarana atau media dalam pengembangan potensi yang terdapat pada diri siswa.