Word Cookies pixword solution pro des mots Word guru 98 Pro Des Mots niveau 198 Wort Guru Level 989 Word guru 1211
TIPS untuk menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) | SMAN 23 Jakarta
Selamat datang di Website Resmi SMAN 23 Jakarta|Thursday, December 14, 2017
Anda berada di : Home » Umum dan Kegiatan Sekolah » TIPS untuk menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS)

TIPS untuk menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) 

Doc. SMAN 23

Anak-Anaku peserta didik kelas X, XI dan kelas XII yang kami cintai……

Ujian Akhir Semester (UAS) tinggal menghitung hari, kami sangat yakin kalian bisa menjalani dengan tenang dan mendapatkan hasil yang menggembirakan.

Strategi atau langkah untuk menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) di atas tentu saja sudah cukup akrap dalam telinga dan fikiran kita. Insya Allah dengan strategi diatas kita dapat keluar dari ruang ujian dengan lapang dada, pikiran tenang, dengan penuh rasa bangga dapat menjawab soal-soal dengan baik. Selanjutnya bertawakkallah pada Allah, serahkah semua kepadaNya, tugas kita sebagai manusia hanyalah berusaha…berdo’a…dan bertawakkal…, hasilnya urusan Yang Maha Kuasa.

Beberapa TIP untuk menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS):

  1. Jaga kesehatan

Tentunya hal pertama adalah menjaga kondisi badan. Bagaimana mau belajar jika badan kita sakit, loyo, kurang gairah dll. Kesehatan itu mahal, coba bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita berobat kedokter, atau berapa kerugian yang ditimbulkan jika badan kita loyo, gak bergairah dan lemes, masa depan yang akan jadi taruhannya.

  1. Ikuti program pembelajaran disekolah dengan baik

Dalam mengikuti program pembelajaran di sekolah pun lebih bersemangat.
Kuncinya adalah kondisi badan dan pola pikir di otak kita. perbaiki pola pikir dan jaga selalu kesehatan.

  1. Persiapkan diri dengan banyak berlatih dengan soal

Dari tahun ke tahun, kisi-kisi Ujian Akhir Semester (UAS)relatif sama, soalnya pun tidak jauh berbeda. Untuk itu banyak banyaklah berlatih soal, pahami setiap bentuk soal. Satu konsep kamu kuasai, insya Allah soal seperti apapun akan mudah kamu hadapi.

  1. Buat jadwal belajar mulai sekarang, dan fokuslah pada satu hal

Suatu hal yang terstruktur dan terpola secara rapi maka hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai contoh jadwal harian yang pernah, hari senin belajar bahasa Indonesia, hari selasa khusus belajar matematika, hari rabu mempelajari sains/ipa (biologi, fisika, kimia), hari kamis belajar bahasa inggris, dan seterusnya.

  1. Belajar kelompok, bahas soal saling bantu

Kadang kala, belajar sendiri tidak selalu menyenangkan, jika kamu tipe orang yang suka belajar bareng, pahamilah diri sendiri dan lakukan kemauanmu sendiri, dengan begitu kamu akan menikmati belajar, lebih enjoy dan tidak ada rasa terpaksa.

  1. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Belajar pada saat paling mood, meski sebentar akan tahan lama di memori. Tapi kapan mood belajar itu muncul? Solusinya kita harus menciptakan mood untuk belajar. Caranya? Dulu waktu kita pertama kali belajar naik sepeda, meskipun terjatuh berkali-kali kita tidak pernah menyerah, sampai akhirnya kita lihai menaikinya. Pada saat seperti itu, apakah kita ngerasa sedang belajar? Ya, tapi apakah kita bosan untuk mencoba dan terus mencoba sampai bisa? Tidak, yups itu jawabannya, ciptakan suasana belajar yang mengasyikkan, menyenangkan, bila perlu jalan-jalan sambil baca buku, memancing sambil belajar teorema pytaghoras etc. Lakukan hobimu dan selingi dengan belajar, pasti lebih asyik dan bermakna

  1. Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua

Salah satu do’a yang paling mujarab adalah do’a orang tua kepada anaknya, mintalah restu pada orang tua kamu. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa bagi kamu.Tentunya tidak adil jika kita minta di do’akan, tapi kita sendiri tidak ikut berdo’a untuk keberhasilan kita.

8. Jangan lupa sarapan sebelum mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS)

Tapi jangan terlalu kenyang, karena itu dapat membuat kita mengantuk.

  1. Manfaatkan moment sesaat sebelum ujian untuk mereview materi ujian

Sekedar memancing ingatan agar lebih mudah digali saat mengerjakan soal, kita bisa membuka-buka lagi materi pelajaran yang sudah kita pelajari sebelumnya, tapi bukan dibaca keseluruhan, hanya direview sesaat.

10. Kumpulkan referensi materi ujian selengkap mungkin

Untuk meningkatkan rasa percaya diri, kamu bisa berburu referensi materi pelajaran di perpustakaan sekolah, di google, tanya pada teman yang lebih pintar, rajin bertanya pada guru mapel yang bersangkutan, mengumpulkannya, dan mempelajarinya satu persatu.

 11. Tenangkan Dirimu

Tenangkan dirimu. Gunakan cara yang cocok untuk kita dalam menenangkan diri dan pikiran. , Untuk yang muslim seperti : membaca Al-Qur’an secara rutin 2-5 halaman perharinya atau lebih. Shalat tahajjud, puasa senin kamis, dan usahakanlah melakukan shalat hajad. Shalat Hajad (permintaan), disanalah lebih baik untuk kita untuk bermunajat kepada Allah. Lakukanlah shalat ini pada malam hari. Setelah shalat dua rakaat, lalu sujudlah, baca istigfar 100 kali dalam sujud, shalawat nabi, Al-Fatihah, ayat kursi dan bacaan lainnya. Setelah itu barulah ucapkan do’a atau permintaan kita, dengan bahasa yang indah.Usahakan shalat ini dilakukan selama 5 hari berturut-turut sebelum dan sesudah Ujian Akhir Semester (UAS). Ingat keikhlasan menentukan dikabulkannya do’a kita oleh Allah, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Karena Dialah satu-satunya tempat untuk kita menyembah dan meminta pertolongan. Yakinlah….! Do’a kita insyaallah akan dikabulkan Allah. Karena Ia tidak pernah menyia-nyiakan do’a hambaNya yang beriman dan taat padaNya.

12. Jangan langsung melakukan aktivitas belajar setelah selesai mengikuti ujian.

Hendaknya istirahat terlebih dahulu beberapa saat, sehingga    hilang rasa sedih, kecewa, dan kesal karena tidak bisa menjawab soal-soal tadi. Dengan demikian, kita akan terhindar dari kecemasan menghadapi ujian selanjutnya.. (Kuncinya jangan sampai kita terbebani dengan ujian tadi, lupakan itu, biarkan ia berlalu, sekarang tatap kedepan untuk hari esok. Karena, orang yang lemah itu adalah orang yang sibuk dengan apa-apa yang telah terjadi, tanpa menjadikannya sebuah motivasi.

 13. Bila menemukan materi yang sulit dipelajari atau untuk menghafalnya, maka bacalah materi itu sebelum tidur.

Karena menurut penelitian, materi yang kita baca tadi akan terurai ketika tidur. Mengingat otak orang yang tidur itu lebih jernih daripada otak orang yang terjaga. Ketika bangun kembali kita bisa mendapatkan ide atau jalan untuk menemukan solusi untuk pelajaran yang sulit tersebut.

14.Datanglah ketempat ujian 10 menit sebelum masuk. Karena kalau terlalu cepat obrolan teman-teman dan hal-hal lainnya akan dapat mengganggu konsentrasi kita. Namun jangan juga sampai telat, hal ini sangat berpengaruh pada psikologi atau kondisi jiwa kita, baik konsentrasi, pikiran dan emosional, akan membuat kita merasa cemas dan gelisah saat menjawab soal ujian.

15. Bagilah waktu untuk menjawab soal-soal ujian. Berpandai-pandailah bermain dengan waktu saat ujian. Untuk itu usahakan bawa jam tangan saat ujian.

16. Mulailah dari menjawab soal-soal yang dianggap mudah. Ini akan mendorong kita untuk rileks dan percaya diri mengerjakan soal-soal berikutnya.

17. Jangan pedulikan teman-teman kita saat ujian, konsentrasikan pikiran kita pada kertas soal dan jawaban.

18. Jangan cemas bila teman-teman sedang menulis jawabannya, ketika kita masih berfikir.

19. Jangan terganggu ketika melihat teman-teman sudah selesai duluan, karena belum tentu mereka betul semua alias tidak ada yang salah. Jangan terpengaruh, mari kita gunakan semua waktu itu dengan baik, dengan mengkoreksi jawaban kita.

20. Jika kita kembali cemas, maka ulangilah do’a di atas, mari kita pejamkan mata, ambil nafas, tahan untuk beberapa saat, lalu keluarkan pelan-pelan.

 

Wassalam,

Wakasek bidang kurikulum

 

Mutia, M.Pd